Thursday, February 3, 2011

Penjualan Yamaha di Eropa Menurun, Yamaha Palau di Spanyol Siap Tutup Pabrik!

Spanyol - Penjualan motor Yamaha di Eropa memang tidak sebesar yang ditargetkan awal tahun 2010 lalu. Karena alasan inilah, basis pabrik mereka di Palau, Spanyol, menyatakan diri siap untuk menutup aktifitas mereka. Yup, apalagi kalau bukan gulung tikar alias bangkrut. Padahal pabrik di Palau ini mempunyai kapasitas produksi sebesar 130.000 unit per tahun.

Tentunya ini adalah kenyataan yang sangat menyakitkan bagi lebih dari 400 pekerja yang mencari nafkah di pabrik tersebut. Pasalnya kabar ini keluar tiba-tiba dan baru diumumkan pada Kamis (27/01) kemarin. Jumlah produksi Yamaha tahun 2010 lalu di tempat ini juga tidak sebesar kapasitas maksimalnya, yaitu hanya 96.000 unit.

Kabarnya jumlah produksi sebesar 96.000 unit per tahun ini tidak cukup menjamin bertahannya pabrik di Spanyol. Karena kebutuhan bahan baku dan lain sebagainya juga cukup besar.

Sebenarnya tanda-tanda akan tutupnya pabrik, sudah terlihat sejak akhir tahun lalu. Yaitu ketika George Lash presiden dan manajer Yamaha Spanyol selama 22 tahun meninggalkan posisinya. Posisinya kemudian diambil alih oleh Hajime Yamaji, pimpinan Yamaha di Eropa.

Hal serupa juga sudah dilakukan oleh pabrik motor Honda di Spanyol pada tahun 2009. Namun Honda bukan menutup sepenuhnya basis mereka untuk Eropa, justru dengan penutupan pabrik di Spayol, mereka bisa fokus untuk pabrik Honda di Italia sebagai basis Honda di pasar Eropa.

Apakah penyebabnya karena Yamaha sekarang kehilangan kepercayaan di Eropa karena ditinggal Valentino Rossi? Hmm, semoga saja bukan karena hal itu. (motorplus.otomotifnet.com)

No comments:

Post a Comment