Thursday, February 3, 2011

Mio Low Rider (Bedah Part dan Mesin)

Pada pembahasan Mio Soul Low Rider lalu hanya tampilan luar saja. Kini ulasan lebih dalam pada sektor mesin dan part-part hasil modifikasi. Ipoel telah merombak banyak pada sektor kaki-kaki seperti CVT Mio Soul diganti oleh CVT milik Yamaha Nouvo. Suspensi belakang diganti double merk YSS. Bagian dalam mesin pun demikian, seher diubah milik kawasaki Kaze dan roller punya Kawahara 9 hingga 11 gram.

CVT Yamaha Nouvo (chrome)
Karburator sengaja Ipoel tidak ganti dan dibiarkan standard milik Mio Soul, dikarenakan sistem pengapian masih baik dan sempurna.

Karburator standard Mio Soul
Agar mendapat kenyamanan ayunan, Ipoel mengganti single shock menjadi double shock merk YSS. Karena dipercaya merk YSS memiliki tingkat kemembelan yang bagus bila untuk berboncengan.

Suspensi belakang double shock YSS
Tidak tanggung-tanggung sang pemilik mengganti sistem pengereman standard Mio Soul belakang diganti disc brake milik Kawasaki Ninja yang diapit kepala babi Suzuki Satria 150 FU demi keselamatan dalam penghentian.

Disc brake belakang Kawasaki Ninja dan kepala babi Suzuki Satria FU
Memberi kesan unik, Ipoel menambahkan part tutup saringan karburator merk PCM custom. Dengan bentuk yang lucu tapi keren, tentunya menambah kelancaran dalam sirkulasi pengapian.

 Saringan karburator PCM custom


Handle rem belakang KITACO
Satu lagi yang unik dimiliki Mio Soul Low Rider ini, yakni terletak pada jok yang bisa terangkat dengan sendirinya. Hal ini tentu saja didukung dengan pemasangan sistem hidrolik yang tersambung langsung dengan stop contact. Bagi Ipoel dapat mempermudah pengisian bensin tanpa mematikan mesin.

 Ban depan 140/60 Swallow Delitive 14"
Pada kaki-kaki Ipoel mengganti ban belakang dengan ukuran 150/60 merk 14" dan ban depan menggunakan 140/60 merk Swallow Delitive 14". Dengan kedua ban gendut itu, Ipoel merasa nyaman saat berkendara, hanya saja sedikit berat untuk tarikan cepat.

Jok Mbtech orange dengan sistem hidrolik jok custom


Ban belakang 150/60 Swallow 14"
Untuk sistem pembuangan, Ipoel mengganti knalpot standard Mio Soul menjadi custom dengan tampilan chrome. Hal ini dipicu untuk mendapatkan pengapian dan pembuangan yang sempurna. Ditambah suara garang yang sesuai dengan modifikasi Low Rider.

Knalpot custom

No comments:

Post a Comment