Thursday, February 3, 2011

Lamborghini Perkenalkan Suspensi Contekan F1

SANT’AGATA BOLOGNESE, KOMPAS.com — Kendati Pameran Mobil Jenewa ke-81 masih sebulan lebih lagi, Lamborghini sudah mulai mencicil informasi tentang produk terbaru pengganti Murciélago. Supersport car terbaru ini bikin penasaran karena Lamborghini belum menyebutkan namanya. Sementara teknologinya terus dipublikasikan.

Tercepat
Terakhir adalah teknologi suspensi dan rem yang juga sudah dirilis untuk media. Disebutkan, model yang akan melakukan debut di Jenewa tersebut adalah flagship terbaru Lamborghini, menggunakan mesin V12 dan bertenaga 55kw (700 PS). Lambo mengklaim, mobil ini akan menjadi supersport tercepat.

Kendati bibir orang-orang Sant’Agata Bolgonese tertutup rapat, wartawan di Amerika bisa juga mendapatkan nama Lambo terbaru tersebut. Kalau sebelumnya sempat disebut Jota, terakhir adalah Aventador dengan embel-embel LP700-4. Wartawan berhasil melacak berdasarkan informasi dari US Paten and Trademark Office. Nama tersebut akan digunakan untuk mobil dan komponennnya, t-shirt, baju hangat, polo shirt, jas, sal, sarung tangan, topi, jaket, sepatu sampai mobil remote control.

Tangkai Dorong
Informasi terkini dari Lambo, mobil tersebut menggunakan suspensi pushrod alias tangkai dorong. Suspensi ini digabungkan dengan wishbone ganda plus rem dari keramik karbon. Konsep suspensi, dasarnya dicontek dari mobil Formula-1 dan disetel lagi agar nyaman ketika dikebut di jalanan umum.

Struktur suspensi tangkai dorong adalah pemasangan elemen damper atau pegas tidak langsung pada roda, tetapi dihubungkan ke struktur sel bodi. Tangkai dorong dipasang melintanng di bawah kaca depan di depan dan dekat dengan mesin yang berada di belakang. Komponen lain dari suspensi adalah tuas dan roller relay yang berfungsi memindah gaya dari dudukan roda ke damper atau pegas.

Dengan cara ini, pengendalian atau handling menjadi lebih responsif. Mobil lebih gampang dikendalikan pada berbagai kecepatan. Sasis tetap kokoh, kerja pegas dan peredam makin presisi dan spontan. Suspensi juga tidak terlalu kaku. Mobil lebih nyaman dan pengendalian makin mantap.

Sistem Lift
Pada roda depan, peredam kejut dilengkapi dengan sistem "lift” hidraulik yang memungkinkan bagian depan mobil ditinggikan 40 mm hanya dengan menekan tombol. Dengan cara ini, pegemudi tak lagi ribet bila harus melintasi polisi tidur atau gundukan.

Teknologi terbaru lainnya adalah material yang digunakan untuk komponen sasis antara lain aluminiun dan serat karbon untuk mengurangi bobot. Seluruh sistem supsensi, termasuk lengan kontrol atas dan bawah, dudukan roda dan tuas relay, dibuat dari campuran aluminium cor.

Untuk mengendalikan kecepatan, digunakan rem cakram berdiameter 400 mm dan kaliper enam silinder. Rem parkirnya juga mudah dioperasikan, cukup dengan menekan tombol. Tepatnya menggunakan tenaga listrik.

Setir dilengkapi dengan tiga servotronik agar pengemudi bisa memilih kondisi mengemudi, di trek balap atau jalan raya. Selanjutnya Lambo akan memasang roda 19 inci berbalut ban 255/35 di depan, sedangkan roda belakang 20 inci dengan ban 335/30.

No comments:

Post a Comment