Thursday, February 3, 2011

Ferrari Four Sebuah Revolusi dari Maranello

MARANELLO, KOMPAS.com - Ferrari menunjukkan produk terbarunya Ferrari Four (FF) di internet. Kemunculan FF menjawab teka-teki dan rasa penasaran wartawan, mengenai pengganti 612 Scaglietti.

Disebut Ferrari Four karena inilah hatchback perdana dengan empat tempat duduk dan berpenggerak empat roda (4WD) lahir dari markas kuda jingkrak di Maranello. Sosok nyata mobil ini akan tampil di ajang pamerean mobil Jenewa 2011.

Ferrari Four dirancang, baik eksterior maupun interiornya oleh Pininfarina dengan arahan dari Kepala Desain Ferrari Flavio Manzoni. Bagian depannya terinspirasi dari model 458 dengan sedikit diperbesar.

Pihak Ferrari menyebut FF ini bukan sebagai evolusi tapi sebagai sebuah revolusi sejati, dengan karakter khusus yang belum pernah ada dari keluarga Ferrari, punya performa tinggi dengan fleksibilitas yang luar biasa. Mobil juga memiliki kenyamanan dan kenggunan yang luar biasa. Lalu, menjamin pengemudi dan penumpang punya pengalaman berkendara.

Disebutkan mobil berperforma tinggi lantaran dibekali mesin 6,25liter V12 digandeng dengan transmisi F1 kopling ganda 7-percepatan. Tenaganya mencapai 650 bhp pada 8.000 rpm dan torsi 504 lb ft pada 5.000 rpm. Bisa ngegut 0-100 km per jam hanya dalam 3,7 detik dengan kecepatan maksimum 350 km per jam.

Meski kapasitas dan tenaga mesin besar, konsumsi bahan bakarnya dengan 15,4liter bisa menempuh jarak 100 km. Lumayan irit untuk ukuran sekelas itu dan mobil punya fitur stop-start yang diklaim mampu menghemat konsumsi bahan bakar sampai 10 persen.

Ferrari berharap bisa memperluas pasar, menangkap konsumen baru yang biasa menggunakan mobil dengan sistem all-wheel-drive saloon atau penggemar SUV. Unit kabarnya segera diluncurkan ke pasar pada tahun ini. Apakah strategi ini berhasil ?

No comments:

Post a Comment